Mengenal Segmen Pasar
Apa yang akan saya uraikan disini adalah kelanjutan dari postingan saya sebelumnya disini Memulai Bisnis Minimarket Mandiri non Franchise untuk Pemula
tentang tahapan-tahapan yang sekiranya perlu dipertimbangkan apabila
anda ingin memulai atau mendirikan bisnis usaha minimarket mandiri.
Kalau di tulisan sebelumnya saya hanya memberikan uraian secara garis
besar dalam bentuk rangkuman slide presentasi, kali ini saya akan
mencoba untuk menguraikan lebih detail. Tulisan ini akan bersambung
terdiri dari beberapa bagian, dan akan saya mulai dengan bagian Mengenal
Segmen Pasar.
Sebelum mendirikan usaha minimarket mandiri sangat penting dilakukan survei untuk mengenal segmen pasar. Ada baiknya anda melakukan riset sederhana mengenai demografi penduduk sekitar calon lokasi yang akan anda pilih untuk memulai bisnis ini. Anda bisa menggunakan data sekunder misalnya dengan mengunjungi website resmi pemerintah daerah setempat dan kemudian juga tidak ada salahnya anda langsung survei lokasi. Diharapkan dari hasil riset sederhana yang anda lakukan ini, akan diperoleh data-data mengenai kelompok usia penduduk yang ada di sekitar lokasi, tingkat pendidikan mereka, yang kemudian akan bisa digunakan untuk memperkirakan tingkat penghasilan dan kebutuhan penduduk di sekitar calon lokasi.
Riset sederhana yang lainnya yang tidak
kalah penting untuk dilakukan adalah memahami kompetitor yang ada di
sekitar calon lokasi. Coba lakukan pendataan berapa banyak warung dan
atau toko yang masih dikelola secara tradisional yang ada disana, dan
juga berapa banyak minimarket modern yang ada disitu. Seberapa padat
penyebaran warung, toko, atau minimarket-minimarket tadi. Kemudian tidak
ada salahnya untuk mengunjungi satu per satu, misal dengan berbelanja,
untuk sekedar melakukan survei barang-barang apa saja yang disediakan,
seberapa lengkap, berapa harganya dan bagaimana pelayanan mereka kepada
konsumen.
Data-data ini penting, karena akan
membantu kita untuk menyiapkan blue plan atau rencana apa yang akan kita
lakukan dengan minimarket kita nantinya; barang-barang apa saja yang
nanti akan disediakan, bagaimana pelayanan yang akan diberikan untuk
memenuhi kebutuhan konsumen, kelengkapan dan ketersediaan barang,
kemudahan pelanggan mendapatkan barang yang dicari, antisipasi tingkat
persaingan dengan kompetitor sejenis, program-program promosi yang akan
kita tawarkan. Apakah konsep minimarket yang akan didirikan hanya
menyediakan minuman dan makanan siap saji, ataukah sebagai minimarket
yang juga menyediakan bahan mentah sembako dan barang-barang yang
terkait lainnya, berapa waktu atau jam operasi minimarket tersebut, 24
jam sehari, 10 jam sehari, apakah minimarket melayani sistem delivery,
dan lain sebagainya.
Mengenal segmen pasar sangatlah penting
untuk dilakukan pertama kali sebelum kita melangkah ke step berikutnya.
Ikuti terus kelanjutan tulisan mengenai langkah-langkah mendirikan dan
menjalankan usaha minimarket mandiri di blog ini.
Belum ada tanggapan untuk "Bagian Pertama Memulai Minimarket Mandiri:"
Post a Comment